Posted by: printin9 | December 7, 2009

Profil Tim Grup A: Korea Selatan

Pelatih: Huh, Jung-Moo
Konfederasi: AFC

Rangking FIFA (Des’09): 52

Rekor Penampilan: 7
(1954, 1986, 1990, 1994, 1998, 2002, 2006)



ROAD TO AFRIKA SELATAN 2010


Korea Selatan memastikan dirinya tampil ke Afrika Selatan sebagai salah satu tim Asia paling awal dari laga kualifikasi. Pada putaran final kualifikasi, mereka harus bersaing ketat dengan Saudi Arabia, Iran, Korea Utara, dan kuda hitam Uni Emirate Arab. Meski sempat terseok di awal kualifikasi, namun Korsel memperlihatkan kelasnya sebagai tim unggulan di Asia.


KEUNGGULAN

Modal paling berharganya adalah kekompakan yang telah menjadi tradisi orang-orang Korea. Kekuatan lainnya lagi, kerja keras para pemain Korsel. Sebut saja di antaranya Park Ji-sung yang telah memperlihatkan karakter gigihnya bersama klub Manchstr United.

YANG HARUS DIBENAHI

Persoalan postur tubuh dan juga gap yang menganga antara pemain utama dan lapisnya. Jika saja kiper Park Chu young cedera maka akan sungguh sulit mencari penggantinya yang pantas. Hal yang sama juga terjadi pada Park Ji-Sung dan Le Chung-Yong yang berada di posisi sayap. Untuk peran kedua pemain itu belum ada pengganti yang sepadan. Begitu juga, tanpa kehadiran Ki Sung-Yong rasanya akan sangat sulit mengatur bola dari lini tengah ke depan.

PELATIH

Huh Jung-Moo adalah sosok pemain legendaris dari Korea. Ia pernah bermain di Eropa bersama PSV Eindhoven di awal dekade 1980-an. Ia dikenal juga dengan sapaan Anjing Jindo. Dalam Anjing dalam tradisi Korea dikenal dengan keberaniannya, dan itu ditunjukkannya dengan spirit bersaingnya yang sangat menggebu-gebu. Selama ditanganinya, Korsel lebih fokus memperkuat sektor pertahanannya ketimbang berusaha untuk menampilkan permainan agresif menyerang.

PEMAIN BINTANG


Park Ji-Sung (Manchester United)

Popularitasnya begitu menjulang berkat kerja kerasnya. Tak heran kalau dia dijuluki sebagai Park Dengan Tiga Paru-paru karena tak pernah kenal lelah dalam setiap bermain..

Park Chu-Young (AS Monaco)

Chu-young juga memperlihatkan performa yang tak kalah berbeda dengan Park Ji-Sung. Dia juga telah menjelma sebagai salah satu pemain bintang di AS Monaco bersama dengan Nene.

Lee Chung-Yong (Bolton Wanderers)

Di usianya yang kini baru 21 tahun, Lee menjadi salah satu bintang muda bersinar di Korea. Dia memiliki kemampuan dalam menyerang dan memberikan umpan-umpan silang yang bagus..

PERKIRAAN FORMASI TIM


MOMEN TERBAIK


Tak ada lagi yang paling sulit dilupakan ketika Korea Selatan bisa masuk ke semi-final Piala Dunia 2002. Momentum golden goal yang dibuat Ahn Jung-Hwan di babak 16 besar ke gawang Italia akan selalu menjadi kenangan terindah buat publik Korea Selatan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: