Posted by: printin9 | December 7, 2009

Profil Tim Grup B: Yunani

Pelatih: Otto Rehhagel

Konfederasi: UEFA

Peringkat FIFA (Nov 09): 12

Rekor Penampilan: 1 (1994)

ROAD TO AFRIKA SELATAN 2010

Meski beruntung diundi ke grup empuk, perjalanan Yunani ke Afrika Selatan penuh liku. Gagal mengatasi penampilan Swiss, kalah saat tandang dan kandang, Yunani meraih satu tiket Piala Dunia melalui babak play-off. Di partai penentuan itu, Yunani mengalahkan perempat-finalis Piala Dunia 2006, Ukraina. Hanya bermain imbang tanpa gol di Athena, Yunani malah sukses membawa pulang kemenangan 1-0 saat bertandang di Donetsk.

KEUNGGULAN

Kekuatan utama Yunani adalah lini pertahanan mereka, meski belakangan Rehhagel mulai berani memainkan strategi sepakbola menyerang. Yunani memainkan gaya klasik dengan dua bek tengah dan seorang libero. Sejauh ini, hasilnya memuaskan… meski kerap dianggap anti-sepakbola.

YANG HARUS DIBENAHI

Yunani tak punya cukup kreativitas saat melancarkan serangan. Kebanyakan mereka menunggu bola-bola mati atau menunggu kesalahan lawan. Jangan harap Yunani bisa banyak beraksi ketika menguasai

PELATIH

Yunani masih bersama “Rehhakles” yang sukses membawa mereka meraih Piala Eropa 2004. Pelatih asal Jerman ini dikenal manajer yang kerap sukses saat menangani tim yang tak dijagokan. Seluruh tim sudah menganggapnya bak seorang ayah. Piala Dunia ini kemungkinan besar menjadi kesempatan terakhirnya sebelum pensiun.

PEMAIN BINTANG

Giorgos Karagounis (Panathinaikos)

Pemimpin alami tim. Gelandang pekerja keras, tahu bagaimana mempertahankan bola dan menjadi pengatur serangan yang handal di berbagai pertandingan penting. Tanpa Karagounis, Yunani kehilangan kekuatan utama di lini tengah.



Sotirios Kyrgiakos (Liverpool)

Satu-satunya pemain Yunani yang bermain di klub bernama besar. Bek tangguh yang dikenal dengan julukan “Highlander” saat bermain untuk Glasgow Rangers. Sulit ditaklukkan dalam duel satu lawan satu, begitu pula dengan perebutan bola-bola atas.


Sotiris Ninis (Panathinaikos)

Rehhagel belum memberikannya kepercayaan penuh. Baru beberapa kali dimainkan di timnas, Ninis menjadi modal masa depan Yunani. Pemain yang dianggap pemain muda paling berbakat di Yunani ini hampir dipastikan masuk skuad Piala Dunia untuk memberinya pengalaman merasakan atmosfir turnamen besar sejak dini.



PERKIRAAN FORMASI TIM


MOMEN TERBAIK

Kejayaan Piala Eropa 2004 bisa dipastikan takkan dilupakan masyarakat Yunani dalam satu dasawarsa ke depan. Sukses Yunani seperti mewujudkan mimpi yang mustahil dan menunjukkan dalam sepakbola, segalanya mungkin.

DI LUAR LAPANGAN

Para pemain punya kebiasaan unik minum kopi sepanjang malam sebelum pertandingan penting.

Akan disambut hangat komunitas Yunani di Afrika Selatan. Para pemimpin setempat bahkan berjanji akan terus menyertai tim hingga final.

TARGET PIALA DUNIA

Sukes Piala Eropa 2004 sulit terulang. Lolos dari penyisihan grup saja sudah terbilang prestasi bagus.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: