Posted by: printin9 | December 10, 2009

Profil Tim Grup D: Australia

Pelatih: Pim Verbeek.

Konfederasi: AFC

FIFA Ranking (Nov 09): 21

Rekor Penampilan: 2 (1974, 2006)

ROAD TO AFRIKA SELATAN 2010

Jalan Australia tak lagi penuh liku ketika harus menaklukkan Uruguay lewat adu penalti untuk lolos ke Piala Dunia empat tahun lalu. Kini, pasukan Pim Verbeek berhasil mengatasi kompetisi di zona Asia secara meyakinkan. Irak dan Cina ditaklukkan pada putaran pertama, sedangkan pada putaran kedua Australia lepas dari ancaman Jepang. Total 14 kali bertanding sellama kualifikasi, Australia hanya kalah sekali dan kebobolan empat kali.

KEUNGGULAN

Tampil sangat terorganisir dan menyatu, seperti yang dicerminkan rekor pertahanan mereka. Australia memiliki para pemain yang sudah saling mengenal permainan satu sama lain. Komposisi tim tak banyak berubah sejak lolos ke Piala Dunia empat tahun lalu. Australia juga dikenal pandai mencuri gol pada pengujung pertandingan. Ini menunjukkan semangat dan kebugaran tinggi yang mereka miliki.

YANG HARUS DIBENAHI

Australia masih kesulitan mencari cara mencetak gol. Andalan mereka adalah Tim Cahill. Tapi tim lawan bisa dengan mudah menempatkan dua bek untuk mengawalnya dan Australia tak berkutik. Tampil di ajang seperti Piala Dunia, Australia harus memiliki mesin gol yang mumpuni. Mereka juga tidak memiliki kecepatan di setiap sektor.


PELATIH

Pim Verbeek tak banyak dikenal ketika ditunjuk sebagai pelatih Australia. Verbeek menjadi pilihan kedua, atau malah ketiga, federasi sepakbola Australia (FFA) 18 bulan silam. Penunjukan tersebut disambut cibiran para pengamat sebelum sang pelatih memberi bukti di atas lapangan. Cara pelatih Belanda ini menjawabnya adalah dengan rekor nyaris sempurna saat kualifikasi, plus penampilan meyakinkan melawan tim kelas dunia pada partai kompetitif maupun non-kompetitif. Verbeek memiliki karakter jujur dan punya hubungan erat dengan para pemain. Secara strategi, Verbeek tipe pelatih konservatif yang mengutamakan disiplin di atas keindahan.


PEMAIN BINTANG

Tim Cahill (Everton)

Pemain inilah yang mencetak gol pertama Australia sepanjang sejarah Piala Dunia. Ketika itu, Cahill tampil sebagai pemain pengganti dan mencetak gol pada pengujung pertandingan ke gawang Jepang. Sejak saat itu, Cahill menjadi pemain andalan Australia untuk mencetak gol. Bukan berlebihan mengatakan Australia memang mengandalkannya. Cahill adalah faktor-X tim.

Mark Schwarzer (Fulham)

Selama kualifikasi, Schwarzer kerap menyelamatkan gawang Socceroos dari ancaman lawan. Sebuah penyelamatan penalti dilakukannya pada menit terakhir pertandingan tandang melawan Cina untuk menjaga kedudukan tetap imbang tanpa gol. Penampilan apik Schwarzer pula yang mengukuhkan rekor bagus pertahanan tim.

Harry Kewell (Galatasaray)

Kebugaran Kewell boleh diragukan, begitu juga dengan keputusannya meninggalkan Liga Primer Inggris untuk menuju Turki. Tapi, penampilan Kewell tidak boleh diabaikan begitu saja karena masih menampilkan kualitas tinggi. Biasa tampil dalam partai-partai kompetitif, Kewell menjadi pemain andalan selain Cahill untuk mengancam pertahanan lawan. Reputasinya masih diakui sepakbola internasional.

PERKIRAAN FORMASI TIM


MOMEN TERBAIK

Menit-menit terakhir pertandingan melawan Jepang di Jerman ’06 adalah salah satu kisah yang akan terus diperbincangkan masyarakat Australia. Tapi dari segi sejarah, perjalanan menembus Piala Dunia pertama mereka pada 1974 akan selalu dikenang. Untuk lolos ke Jerman 32 tahun lalu, Australia harus menjalani beratnya kualifikasi zona Asia dan hanya diperkuat beberapa pemain amatir.


DI LUAR LAPANGAN

  • Australia terkenal atas hewan-hewan khasnya, seperti buaya, hiu, dan kanguru; serta AC/DC.
  • Konsumsi bir per kapita Australia paling tinggi di dunia sehingga pesta pora seperti apa yang terjadi jika mereka bertahan empat pekan di Afrika Selatan


TARGET PIALA DUNIA

Lolos dari babak penyisihan grup akan menjadi mukjizat kecil, meski hal itu harus didukung oleh hasil undian penyisihan grup.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: