Posted by: printin9 | December 10, 2009

Profil Tim Grup D: Ghana

Pelatih: Milovan Rajevac

Konfederasi: CAF

Peringkat FIFA (Des 09): 37

Rekor Penampilan: 1 (2006)

ROAD TO AFRIKA SELATAN 2010

Ghana menjadi tim Afrika pertama yang lolos ke Piala Dunia berkat kemenangan dalam empat pertandingan beruntun atas Benin, Mali, dan Sudan. Lolos sejak awal, dan dipastikan berpartisipasi dalam Piala Afrika, Ghana bisa melakukan persiapan dengan matang.

KEUNGGULAN

Lini tengah Ghana dipenuhi banyak pemain andalan dan pandai menditribusikan bola ke sektor sayap sebelum tiba di lini depan. Tidak heran kalau Ghana mampu lolos dengan empat kemenangan beruntun tanpa kebobolan.

YANG HARUS DIBENAHI

Ghana harus mencari cara melancarkan tendangan ke arah gawang. Mereka butuh striker yang bisa menciptakan peluang dan mencetak gol setiap kali dibutuhkan. Posisi bek kiri masih merupakan titik lemah Ghana, lebih cepat mereka menambalnya tentu lebih baik.

PELATIH

Milovan Rajevac menerima jabatan ini sejak Agustus 2008 dari tangan Claude Le Roy. Pria Serbia berusia 55 tahun ini pernah membawa klub kecil FK Borak menembus Piala UEFA sebelum bertualang di Afrika. Kebanyakan karir Rajevac dihabiskan bersama Red Star Belgrade, klub tebesar yang pernah ditanganinya.

PEMAIN BINTANG

Michael Essien (Chelsea)

Instrumen penting dalam mesin lini tengah Ghana. Seperti yang ditunjukkannya di Chelsea, Essien punya kekuatan fisik mengagumkan dan semangat juang tinggi. Pemain berusia 28 tahun ini salah satu yang disegani di Afrika. Gol-gol pentingnya kerap menyelamatkan Ghana dalam beberapa turnamen.


Richard Kingson ( Wigan Athletic)

Kiper utama Ghana saat ini. Kingson tampil konsisten dan berkat komandonya di bawah gawang, Ghana aman dari kebobolan dalam beberapa pertandingan kualifikasi. Gaya bermain Kingson klasik. Beberapa penyelamatan penting sempat dibuatnya selama Jerman 2006. Penampilan inspiratif serupa terulang di babak kualifikasi. Semoga saja terus begitu hingga tengah tahun depan.


Sulley Muntari (Inter Milan)

Belakangan memicu kasus disiplin dengan federasi sepakbola Ghana, tapi Muntari adalah gelandang kiri yang sangat diandalkan tim. Kekuatan tendangan kaki kirinya ditakuti berbagai kiper. Muntari pandai memanfaatkan kesempatan dalam melepaskan tembakan, jadi awasi saja tendangan keras kaki kirinya di Afrika Selatan nanti.

PERKIRAAN FORMASI TIM




MOMEN TERBAIK

Asamoah Gyan menciptakan gol tercepat pada Piala Dunia 2006 ketika membobol gawang Ceko pada detik ke-68 pertandingan. Gol tersebut sekaligus gol pertama Ghana sepanjang sejarah keikutsertaan di Piala Dunia.


DI LUAR LAPANGAN

  • Peti mati unik yang dilukis mobil-mobil mewah, pesawat, kupu-kupu, udang galah, sepati, merica, alat musik, hingga kelapa dapat ditemukan di kota pinggir pantai, Nungua, yang tak jauh dari ibukota Accra.
  • Akan didukung mayoritas masyarakat Afrika jika tak ada wakil Afrika yang tampil mengesankan dalam turnamen.

TARGET PIALA DUNIA


Tidak ada yang tidak mungkin. Lolos dari penyisihan grup dan buat dunia terperangah dengan lolos dari babak 16 besar.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: