Posted by: printin9 | December 11, 2009

Profil Tim Grup E: Belanda

Pelatih: Bert van Marwijk.
Konfederasi: UEFA

Ranking FIFA (Des 09): 3

Rekor penamoilan: 8 1934, 1938, 1974, 1978, 1990, 1994, 1998, 2006

ROAD TO AFRIKA SELATAN 2010


Langkah Belanda ke afrika selatan terbilang sangat mudah. Berada di Grup 9, belanda sudah menyegel tiket lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia 2010 di laga keenam. Pada akhirnya, delapan laga mereka dituntaskan dengan kemenangan 100 persen.

KEUNGGULAN

Kekuatan timnas Belanda saat ini ada pada Robin Van Persie, Wesley Sneijder dan Arjen Robben. Van Persie dikenal karena teknik bermainnya yang di atas rata-rata, sementara Sneijder memiliki kualitas sebagai seorang gelandang kreatif. Ada pun Robben memiliki kelebihan dalam hal drible dan kecepatan. Jika ketiganya fit, Belanda akan menjadi tim yang sangat menakutkan.

YANG HARUS DIBENAHI

Belanda terlalu bergantung pada tiga pemain ini. Jika saja ketiganya dimatikan, atau absen, Belanda bak macan ompong. Kinerja lini belakang Belanda juga banyak dikritik karena tak bisa mengimbangi kualitas lini tengah dan depan tim.

PELATIH

Bert Van Marwijk terpilih sebagai suksesor Marco Van basten setelah Piala Eropa 2008. Pengalamannya di level klub cukup banyak dan menangani timnas menjadi pengalaman pertamanya.

Namun sejauh ini dia bisa menunjukkan kualitas yang sama baiknya. Marwijk masih mengandalkan intuisi dan ketenangannya untuk memimpin tim ini, dan sejauh ini semuanya membuahkan hasil positif.

PEMAIN BINTANG


Robin van Persie (Arsenal)

Salah satu pemain kunci Arsenal. Menghabiskan masa mudanya di jalanan dengan aktif di street soccer, di mana kemampuan dan tekniknya makin terasah. Sering ditempatkan sebagai penyerang bayangan, tapi Van Persie ingin menjadi penyerang utama..

Wesley Sneijder (Inter)

Ketika Real Madrid menyia-nyiakan bakatnya, Inter pun dengan senang hati memaksimalkan potensi yang dimiliki pemain ini mulai musim ini. Dia memiliki kapabilitas dan kualitas yang sangat bagus dalam mengumpan dan mencetak gol dengan kaki kanan mau pun kirinya. Dia biasa ditempatkan di belakang dua striker utama.

Arjen Robben (Bayern Munich)

Memiliki bakat yang luar biasa. Selain cepat dalam berlari, dia juga cakap dalam membawa bola. Tak sedikit yang menilai kemampuan Robben men-drible bola di atas rata-rata pemain lain. Akan tetapi, dia rentan mengalami cedera, yang membuat potensinya tak keluar secara maksimal..


PERKIRAAN FORMASI TIM




MOMEN TERBAIK


Kejuaraan bergengsi yang pernah dimenangi Belanda adalah Piala Eropa 1988 dan saat itu pasukan Der Oranje diperkuat oleh Van Basten dan Ruud Gullit. Di Piala Dunia, Belanda tak banyak menorehkan prestasi manis. Prestasi terbaik mereka hanyalah menjadi runner up.


DI LUAR LAPANGAN


Terkenal dengan: Sepatu kayu, tulip dan kebijakan mengenai penggunaan obat-obatan yang kontroversial.

Biasanya akan:
Memulai turnamen dengan sangat meyakinkan, namun kekuatan mereka kerap kemudian menurun yang akhirnya berujung pada kegagalan meraih gelar juara.


TARGET DI PIALA DUNIA

Perempat-final menjadi target yang paling realistis. Tapi, jika Belanda bisa tampil dengan kekuatan terbaik mereka, babak final sangat mungkin diraih.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: