Posted by: printin9 | December 11, 2009

Profil Tim Grup E: Denmark

Pelatih: Morten Olsen
Konfederasi: UEFA

Peringkat FIFA (Nov 09): 27

Rekor penampilan: 3 (1986, 1998, 2002)

ROAD TO AFRIKA SELATAN 2010

Denmark berhasil lolos meyakinkan dengan menyisihkan tim favorit lain seperti Portugal dan Swedia. Setelah ditahan tuan rumah Hungaria pada laga pembuka, Denmark meraih kemenangan dalam lima pertandingan berikutnya. Denmark berhasil meraih kemenangan penting di kandang Portugal, 3-2, meski tertekan sepanjang pertandingan. Kepastian lolos ke Piala Dunia dipastikan ketika meraih kemenangan 1-0 atas Swedia.

KEUNGGULAN

Denmark memiliki kolektivitas di lini tengah yang membuat lawan sulit leluasa melancarkan strateginya. Saat menyerang, Denmark punya banyak pilihan ketika merangsek ke wilayah pertahanan lawan karena melancarkan serangan dari sayap kanan dan kiri, jadi arah serangan bisa muncul dari sektor mana saja.

YANG HARUS DIBENAHI

Namun, kelemahan Denmark adalah posisi penyerang utama. Tak banyak pilihan yang dimilikinya. Nicklas Bendtner biasanya menempati pilihan utama, tapi rentan cedera. Soren Larsen pernah dicoba, tapi hanya bermain lima kali dalam sepuluh partai kualifikasi. John Dahl Tomasson adalah pilihan lain, tapi penampilannya macet di angka 51 gol, kurang satu dari rekor 52 gol di timnas Denmark. Sejak Februari 2008, Tomasson tak lagi mempersembahkan gol di timnas. Pemain lain seperti Morten Nordstrand dan Martin Bernburg masih terlalu hijau.

PELATIH

Morten Olsen adalah pemain yang mengukir rekor 102 penampilan untuk Denmark antara 1970 hingga 1989. Olsen berpengalaman melatih Brondby, FC Koeln, dan Ajax Amsterdam sebelum menangani timnas pada 2000. Olsen sukses membawa Denmark lolos ke Piala Dunia 2002. Reputasi dan pengalaman membuatnya dihormati baik oleh para pemain, fans, maupun federasi sepakbola Denmark (DBU). Kontrak Olsen berakhir usai Piala Dunia 2010 dan kabarnya sang pelatih ingin kembali menangani klub sepakbola meski DBU ingin memberinya kontrak baru.

PEMAIN BINTANG

Nicklas Bendtner (Arsenal)

Meski baru berusia 22 tahun ketika Piala Dunia nanti bergulir, Bendtner sudah mengantungi pengalaman bermain lebih dari 30 partai internasional bersama timnas Denmark. Rekor gol Bendtner adalah mencetak satu gol dari tiga partai. Di Arsenal, Bendtner mulai dipercaya menghuni tim inti.

Thomas Sorensen (Stoke City)

Kiper pilihan utama Denmark ini sudah memulai debut pada 1999. Afrika Selatan adalah Piala Dunia kedua baginya setelah Jepang/Korea Selatan 2002. Pengalaman bermain di Liga Primer Inggris bersama Sunderland, Aston Villa, dan saat ini Stoke City, membuat Sorensen tahu bagaimana caranya bersaing di tingkat tertinggi..

Jakob Poulsen (AGF Aarhus)

Poulsen tampil rutin untuk Denmark dengan dipercaya sebagai pemain inti dalam lima laga kualifikasi Piala Duna terakhir. Kalau tidak ada perubahan berarti, posisi gelandang jangkar hampir pasti dimilikinya pada Piala Dunia mendatang. Poulsen memiliki kemampuan mengumpan yang baik dan yang tak boleh dilupakan kemampuannya melepas tendangan jarak jauh. Gol yang memastikan tiket Afrika Selatan ’10 ke gawang Swedia lahir dari kaki Poulsen.



PERKIRAAN FORMASI TIM

MOMEN TERBAIK

Momen terbaik dalam sejarah sepakbola Denmark tentu saja saat menjuarai Piala Eropa 1992. Sebenarnya Denmark tidak lolos, tapi karena sanksi internasional untuk Yugoslavia, mereka ditunjuk mengisi kekosongan posisi oleh UEFA. Pelatih Richard Moller Nielsen sedang mendekorasi dapur saat menerima panggilan telepon, dan sisanya adalah sejarah. Final melawan Jerman adalah partai ketika setiap pemain mengerahkan permainan terbaik mereka.

DI LUAR LAPANGAN

Denmark terkenal akan figur Hans Christian Andersen yang menulis banyak dongeng yang dicintai tidak hanya oleh anak-anak, tapi kaum dewasa, di setiap penjuru dunia.

TARGET PIALA DUNIA

Denmark punya kualitas menyamai prestasi mencapai perempat-final pada 1998. Lebih baik dari itu adalah sebuah sukses besar.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: