Posted by: printin9 | December 11, 2009

Profil Tim Grup E: Kamerun

Pelatih: Paul Le Guen.

Konfederasi: CAF

Peringkat FIFA (Des 09): 11

Rekor Penampilan: 5 (1982, 1990, 1994, 1998, 2002)

ROAD TO AFRIKA SELATAN 2010

Kamerun sedikit tersendat pada babak kualifikasi. Bersama Gabon, Togo, dan Maroko, Kamerun sempat tertinggal ketika hanya meraih satu poin dari dua laga awal. Gabon memimpin grup hasil dari dua kemenangan. Pelatih Paul Le Guen pun masuk dan mereka berhasil membungkus empat kemenangan dalam semua laga tersisa untuk lolos ke Piala Dunia kali keenam.

KEUNGGULAN

Berkat banyak striker hebat berasal dari Afrika dewasa ini, kekuatan tin terletak pula di lini depan. Tapi, Kamerun juga punya gelandang yang bagus. Meski tak memiliki bintang sebanyak Pantai Gading atau Mali, lini tengah Kamerun, baik dengan formasi 4-3-3 ataupun 4-4-2, sangat baik menghubungkan lini belakang ke lini depan.

YANG HARUS DIBENAHI

Kelemahan utama Kamerun adalah usia rata-rata tim dan kemampuan bertarung di kancah tingkat tinggi. Usia para pemain Kamerun dapat dianggap sebagai saratnya pengalaman yang mereka miliki di level klub. Beberapa pemain, seperti Rigobert Song yang berusia 33 tahun, mulai melambat dan tak setangguh dulu.

PELATIH

Le Guen adalah pelatih yang membawa kesukesan kepada Olympique Lyon dengan membawa gelar tujuh musim beruntun. Le Guen sangat dihormati para pemainnya, yang lebih memilih metode latihannya ketimbang Otto Pfister. Tak pernah punya pengalaman melatih di Afrika sebelumnya, Le Guen punya kesempatan tampil di Piala Afrika di Angola sebelum berangkat ke Afrika Selatan.

PEMAIN BINTANG


Samuel Eto’o (Inter Milan)

Samuel Eto’o harus membuktikan diri masih layak menjadi striker terhebat Afrika. Piala Dunia akan menjadi ajang untuk menyuguhkan kemampuannya. Eto’o pernah berpartisipasi di Prancis ’98 dan Korea Selatan/Jepang ’02 saat berusia masih muda. Bertanding di benua sendiri, siapa tahu Eto’o menampilkan permainan terhebatnya kepada dunia.


Idriss Kameni (Espanyol)

Salah satu kiper terbaik Afrika ini menjaga tradisi kiper-kiper hebat yang dilahirkan Kamerun. Modal utama Kameni adalah refleks dan pandai menghentikan tembakan. Sejak masih muda, Kameni dianggap yang terbaik di negaranya dan tak ada yang berubah hingga saat ini.


Stephane M’bia (Marseille)

Kamerun sudah menemukan pengganti Geremi yang sepadan. Jika M’bia bisa terhindar dari cedera berat, dia akan memegang peranan kunci lini tengah Kamerun. M’Bia baru saja pindah dari Rennes ke Olympique de Marseille musim ini dan sudah membuktikan kemampuan hebat bersama tim barunya.


PERKIRAAN FORMASI TIM

MOMEN TERBAIK

Momen terbaik Kamerun di pentas internasional pastilah Olimpiade Sydney 2000 saat melawan Spanyol. Kamerun berhasil memaksakan hasil imbang 2-2 dan kemudian memenangkan pertandingan melalui adu penalti berkat penampilan hebat Kameni, yang baru berusia 16 tahun kala itu.


DI LUAR LAPANGAN

  • Sangat dekat dengan sponsor mereka, Puma, yang pernah membuat mereka dijatuhkan sanksi atas kostum yang dipakai. Tapi, fans tak terpengaruh. Mayoritas penduduk bisa berbahasa lebih dari tiga bahasa, dengan Prancis dan Inggris sebagai bahasa resmi.
  • Kamerun memiliki anggota kabinet paling banyak daripada negara lain di Piala Dunia.


TARGET PIALA DUNIA

Setidaknya Kamerun diharapkan lolos dari babak penyisihan grup. Perempat-final menjadi target obyektif bagi Kamerun, seperti yang pernah mereka lakukan di Italia ’90.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: