Posted by: printin9 | December 12, 2009

Ashton Akhirnya Gantung Sepatu

Striker Inggris dan West Ham United Dean Ashton telah resmi mengumumkan pensiun dini dari sepakbola, akibat masalah engkel yang berlarut-larut sejak pertama kali menderita cedera itu saat berlatih untuk timnas Inggris pada Agustus 2006.


Ashton, 26, berupaya keras untuk sembuh dari cedera dengan menjalani sejumlah operasi, tetapi akhirnya membuat keputusan untuk pensiun karena khawatir terhadap kemampuannya untuk bergerak di masa depan jika tetap memaksakan tampil di lapangan hijau.

Banyak simpati dan pujian pun mengalir untuk Ashton, termasuk dari pimpinan West Ham.

Pelatih Gianfranco Zola memuji, “Semua tahu betapa hebatnya Dean sebagai pemain, dan dengan memiliki pencetak gol seperti itu dalam tim anda sungguh menjadi perbedaan. Saya hanya mampu membayangkan apa yang Dean jalankan. Saya sedih ketika saya pensiun, dan ketika itu saya 39 tahun, sedangkan ia baru 26.”


CEO the Hammers Scott Duxbury menambahkan, “Ini hari yang sedih dan semua pikiran kami tertuju pada Dean. Saya ingin menegaskan rasa terima kasih kami terhadap segala usahanya dan berharap yang terbaik baginya. Saya juga ingin berterima kasih kepada fans atas kesabaran dan pengertian mereka selama waktu sulit ini.”


Nama Ashton mulai bersinar saat mencetak 18 gol dalam 46 penampilan bagi Norwich City, dan West Ham pun langsung mengeluarkan £7.25 juta sebagai pemain termahal klub.

Ashton menjawab dengan menjadi pahlawan West Ham ke final Piala FA 2006, tetapi gagal masuk timnas Inggris ke Piala Dunia 2006. Ashton kemudian dipanggil Steve McClaren masuk timnas Inggris dalam persiapan lawan Yunani, namun tekel Shaun-Wright Phillips yang kemungkinan mengawali rentetan cedera engkel berkepanjangan itu pun terjadi dalam latihan.

Ashton absen untuk musim 2006/07, tetapi mampu bermain di 35 pertandingan musim berikutnya. Musim 2008/09 diawali dengan baik, tetapi Ashton hanya mampu bertahan empat pertandingan karena kembali mengalami masalah pada engkelnya hingga kini.


Banyak pihak menyayangkan pensiunnya Ashton, yang diharapkan mampu menjadi tumpuan Inggris berkat kemampuan dan kekuatannya di lini depan.

Bos Arsenal Arsene Wenger menyatakan, “Sangat menyedihkan Ashton harus pensiun karena saya selalu berpikir ia adalah pemain yang cerdas dan efisien. Saya menyukai kepribadiannya sebagai pemain di dalam dan luar lapangan.”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: