Posted by: printin9 | December 12, 2009

Barca Memenangi Derby Catalan

Derby Catalan antara Barcelona dan Espanyol dihelat di Camp Nou, Minggu (13/12/2009) dinihari WIB. El Barca keluar sebagai pemenangnya lewat gol tunggal Zlatan Ibrahimovic.

Ibrahimovic mencetak gol kemenangan timnya lewat titik putih di babak pertama. Gol ke-11 penyerang asal Swedia itu di La Liga musim ini dan menempatkannya menjadi topskorer sementara bersama David Villa (Valencia).

Raihan tiga poin itu mengukuhkan posisi Los Cules di puncak klasemen dengan 39 poin hasil dari 15 laga berlalu. Unggul delapan poin dari runner-up Real Madrid yang baru bertanding lawan Valencia sesaat lagi.

Sementara itu Los Periquitos ‘masih tertahan di urutan ke-14 dengan 13 poin, hasil tiga menang, empat seri dan tujuh kekalahan.

Jalannya pertandingan

Espanyol membuat gebrakan pertama di menit ke-15 saat kesalahan Carles Puyol dalam mengawal pertahanan membuat Verdu dengan bebas menyundul bola yang masih dapat ditepis keluar oleh Victor Valdes.

Barca balas menyerang dua menit kemudian lewat akselerasi Maxwell yang diakhiri dengan umpan tarik yang diterima Thierry Henry di kotak penalti. Sayang tendangannya masih dapat ditepis oleh Idriss Kameni.

Mendominasi laga, Barca akhirnya mendapat kesempatan untuk mencetak gol pada menit ke-38 lewat titik putih menyusul pelanggaran Baena kepada Xavi Hernandez.

Ibrahimovic yang maju sebagai eksekutor sukses menjebol gawang Kameni dan membawa Barca memimpin 1-0 yang bertahan hingga turun minum.

Lima menit selepas restart Espanyol mengancam pertahanan Barca lewat aksi Luis Garcia. Untuk kemudian Garcia melepaskan crossing yang disambut tandukan Ivan Alonso yang masih dapat diselamatkan Valdes.

Pada menit ke-54 sebuah through pass dari Dani Alves ke pada Henry disia-siakan oleh penyerang Prancis itu setelah bek Espanyol dengan sigap membuang bola tersebut.

Di menit ke-63 Espanyol punya peluang lewat Alonso. Sayang bola hasil sundulannya terlalu lemah dan bisa ditangkap dengan baik oleh Valdes.

Masuk menit ke-71 sebuah umpan silang Seydou Keita menemui Ibrahimovic di kotak penalti. Sekejap striker jangkung itu melepaskan tendangan voli dan sialnya bola malah melayang di atas mistar.

Skor 1-0 pun bertahan hingga usainya 90 menit laga ini.

Susunan pemain

Barca: Valdes, Alves, Puyol, Pique (Marquez 85′), Maxwell, Toure, Xavi, Iniesta, Pedro (Keita 61′), Henry, Ibrahimovic (Bojan 76′).

Espanyol: Kameni, Roncaglia, Victor Ruiz, Pareja, Chica, Baena (J Marquez 45′), Forlin, Luis Garcia, Verdu (Callejon 45′), Corominas (Sahar 75′), Alonso.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: