Posted by: printin9 | December 13, 2009

Macan Putih Tundukkan Persiba 1-0

Persik Kediri memanfaatkan dengan baik kesempatan menjadi tuan rumah dalam lanjutan Indonesia Super Liga (ISL) 2009, dengan mengalahkan Persiba Balikpapan 1-0 lewat gol tunggal Suswanto.

Bermain dengan kondisi tim compang-camping di stadion Brawijaya, Kediri, Minggu (13/12/2009), Persik langsung berusaha mengambil inisiatif serangan sejak menit awal. Namun, lima pemain spesialis cadangan yang dimainkan sebagai starter tidak bisa cepat menunjukkan kinerja maksimal.

Sebaliknya, tim tamu justru mampu mengembangkan permainan dengan menciptakan kesempatan emas mencetak gol di menit ke-20. Bermula dari pelanggaran terhadap Julio Lopez, tendangan bebas yang diambil oleh Anam Sahrul mengarah keras ke arah gawang, namun termentahkan mistar.

Persik baru dapat menciptakan gol pada menit ke-28. Dari tendangan sudut yang dilakukan Amarildo Souza, tandukan pemain Persiba Aang Suparlan menjadikan bola liar dan melayang di depan gawangnya sendiri. Suswanto yang berdiri bebas berhasil menanduknya dan mengubah skor menjadi 1-0.

Memimpin atas tamunya, Persik terus melancarkan serangan. Yongki Aribowo yang baru sehari pulang dari memperkuat Timnas U-23 di ajang SEA Games, dimasukkan untuk menambah daya serang. Hasilnya, sejumlah peluang berhasil diciptakan, meski tak satupun dapat dikonversi menjadi gol tambahan.

Memasuki babak kedua Persiba berbalik mengambil inisiatif serangan. Upaya ini berjalan dengan baik, karena tiga menit dari restart, dua peluang diciptakan. Kondisi ini terus berlanjut di sepanjang babak, meski semuanya gagal diubah menjadi gol, antara lain karena pertahanan Persik yang digalang oleh OK Jhon, Nasirov Mekan, Sulis Budi dan Khusnul Yuli menunjukkan permainan yang apik.

Sementara itu Persik mengubah strategi dengan bertahan total. Yongki dan Dodit Fitrio yang ditinggalkan di depan sendirian sangat jarang mendapatkan umpan matang, hingga tak ada gol tambahan yang tercipta. Hingga peluit panjang ditiupkan wasit Viator Ambarita dari Bandung, skor tetap 1-0 untuk Persik.

Dengan kemenangan tersebut “Macan Putih” mendapatkan tambahan tiga poin, dan posisinya keluar dari zona degradasi. Adapun Persiba “Si Beruang Madu” tetap tertahan di posisi kedua klasemen sementara.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: