Posted by: printin9 | December 15, 2009

Profil Tim Grup F: Paraguay

Pelatih: Gerardo Martino.

Konfederasi: Conmebol

Ranking FIFA (Nov 09): 30

Rekor penampilan: 7 (1930, 1950, 1958, 1986, 1998, 2002, 2006)

ROAD TO AFRIKA SELATAN 2010

Satu laga menjelang akhir di zona Amerika Latin, Paraguay baru lolos dengan menang 2-1 atas Venezuela. Paraguay menempati peringkat ketiga, di bawah Brasil dan Cile, dan di atas Argentina dan Cile.

KEUNGGULAN

Kekuatan Paraguay ada pada lini pertahanan mereka. Mereka hanya kebobolan 16 gol dari 18 pertandingan selama kualifikasi Piala Dunia 2010.

Keampuhan serangan balik juga menjadi senjata pamungkas Paraguay. Mereka juga berbahaya dalam permainan zona area. Paraguay juga tak jarang bermain bagus ketika menghadapi lawan yang di atas keras lebih diunggulkan.

YANG HARUS DIBENAHI

Kerap tak mampu menjaga bola dengan baik. Pemain Paraguay lebih senang menunggu bola datang dan kemudian melakukan serangan cepat ke jantung pertahanan lawan..

PELATIH

Gerardo Martino merupakan sekolah pelatih Marcelo Bielsa, jadi dia banyak mengadopsi gaya melatih mantan arsitek timnas Argentina itu. Dia menggunakan formasi 4-4-2, namun tak jarang menggunakan 4-3-3, tergantung situasi dan kondisi.

PEMAIN BINTANG

Salvador Cabañas (América, México)

Dia mendapat penghargaan sebagai pemain terbaik Amerika Latin tahun 2007. Dia dikenal sebagai striker haus gol dan bagus dalam mengeksekusi setiap kesempatan yang dimilikinya. Namun Cabanas bukan striker yang individualis. Dia tak jarang memberikan umpan kepada pemain lain yang lebih berpeluang untuk mencetak gol. Hanya saja, untuk ukuran pemain sepakbola, bentuk badannya tidak proporsional dan ideal..

Nelson Haedo Valdez (Borussia Dortmund)

Salah satu striker berbakat yang dimiliki Paraguay. Memiliki karakter yang berbeda dibanding Cabanas, pemain ini lebih cepat dan berani berduel dengan pemain belakang lawan. Selain memiliki kecepatan, Valdez juga punya teknik yang mumpuni dan tendangan keras, yang menjadikannya predator di depan gawang lawan.

Cristian Riveros (Cruz Azul)

Menjadi pengatur serangan Paraguay. Riveros juga bisa bermain di semua posisi di lini tengah, dan memiliki kelebihan dalam hal akurasi umpan.


PERKIRAAN FORMASI TIM

Nelson Haedo Valdez – Salvador Cabañas
Cristian Riveros – Néstor Ortigoza – Jonathan Santana – Enrique Vera
Claudio Morel Rodríguez – Paulo Da Silva – Julio César Cáceres – Darío Verón
Justo Villar

MOMEN TERBAIK

Sukses memenangi Copa Amerika di tahun 19853 dan 1979 menjadi prestasi yang membanggakan bagi Paraguay. Lolos ke Piala Dunia 1986 setelah absen 28 tahun juga menjadi momen yang tak terlupakan.

DI LUAR LAPANGAN

Terkenal dengan: Cuacanya yang sangat panas dan kering, jadi penduduk Paraguay mencari cara untuk tidak sampai dehidrasi. Salah satunya dengan meminum Terere, minuman khas Paraguay. Ada sejumlah masakan yang cukup menyita perhatian dari negara ini, antara lain sup Paraguay yang isinya adalah tepung jagung dan Mbeju.

Federasi sepakbola Paraguay memutuskan untuk membawa koki pribadi untuk menyediakan makanan untuk para pemain di Afrika selatan tahun depan.

TARGET DI PIALA DUNIA

Menembus perempat-final menjadi impian publik Paraguay dan diharapkan hal ini bisa terwujud tahun depan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: