Posted by: printin9 | December 15, 2009

Profil Tim Grup F: Slowakia

Pelatih: Vladimir Weiss

Konfederasi: UEFA

Ranking FIFA (Nov’09): 34

Rekor Penampilan:

ROAD TO AFRIKA SELATAN 2010

Slowakia tidak difavoritkan dalam laga kualifikasi grup Piala Dunia, namun pelatih Vladimir Weiss justru langsung memberikan sukses kepada skuadnya lewat jalur penyisihan grup.


KEUNGGULAN

Hampir semua pemain yang memperkuat tim nasional mencari pengalamannya dari kompetisi di luar Slowakia seperti di Inggris, Jerman, Belanda, dan Rusia. Mereka belajar banyak bagaimana bermain dalam tempo tinggi dan cepat. Pilar utama dari kekuatan tim ini terletak pada sektor pertahanannya dengan dipimpin kiper Mucha serta pemain bertahan Martin Skrtel (Liverpool).
YANG HARUS DIBENAHI

Satu-satunya kelemahan paling serius dari tim nasional Slowakia adalah terbatasnya jumlah para pemain bintangnya yang biasa bersaing di level teratas internasional. Jika saja dua atau tiga pemain utamanya cedera maka akan membuat Weiss pusing kepala untuk mencarikan penggantinya.


PELATIH

Vladimir Weiss merupakan salah satu sosok yang begitu dihormati dan dikenal di sepakbola Slowakia. Ia terlahir dari sebuah keluarga yang kaya akan tradisi sepakbola. Ayahnya pernah bermain untuk tim nasional Cekoslowakia. Begitu juga dengannya yang pernah menjadi skuad timnas di Piala Dunia 1990. Lalu putranya, Vladimir Weiss juga bermain untuk timnas dan merumput bersama klub besar di Inggris bersama Manchester City.

PEMAIN BINTANG


Martin Skrtel (Liverpool, Inggris)

Dia bermain sebagai centre-back buat Liverpool. Kariernya di awali bersama klub domestik Trencin. Lalu dia bergabung dengan Zenit St. Peterburg di Rusia.

Pemain ini memiliki kemampuan dan kecepatan untuk berduet dengan setiap pemain lawan. Dia juga jago untuk duet dalam bola-bola atas. Sehingga tak heran jika kehadirannya di dalam timnas menjadi sosok penting.


Marek Hamsik (Napoli, Italia)

Di kompetisi Serie A Italia dia tercatat sebagai salah satu pemain gelandang terbaik. Di Italia dia bergabung bersama Napoli. Secara teknik tak ada yang perlu diragukan terhadap kemampuan pemain ini.

Miroslav Karhan (Mainz, Jerman)

Pemain veteran ini telah mengantungi 96 caps bersama timnas. Sejumlah klub elite Eropa pernah dijajalnya mulai dari Sevilla, Besiktas, Wolfsburg dan sekarang membela Mainz 05 sebagai seorang pemain gelandang ulet dan kuat.

PERKIRAAN FORMASI TIM


MOMEN TERBAIK


Momentum yang tak akan terlupakan terjadi ketika mereka melakoni laga melawan Republik Ceko di Praha. Momen itu terjadi di menit ke-83 ketika Jendrisek membuat gol melalui aksi solo run yang akhirnya membawa mereka unggul 2-1. Kemenangan tersebut menjadi yang pertama atas Republik Ceko di ibu kota lawannya.

DI LUAR LAPANGAN

Terkenal dengan: Pernah menjadi bagian dari Cekoslowakia. Lalu ibu kota Bratislava merupakan jantung lalulintas Eropa yang terletak di tak jauh dari perbatasan antara Hungaria dan Austria.
TARGET DI PIALA DUNIA


Ekspektasi fans sepakbola Slowakia tidak terlalu macam-macam. Bisa lolos dari babak penyisihan grup saja rasanya bakal menjadi sebuah sukses besar buat mereka.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: