Posted by: printin9 | December 15, 2009

UEFA Rilis Logo Untuk EURO 2012

Piala Eropa memang masih akan digelar tiga tahun lagi. Namun, Selasa (15/12/2009) dinihari WIB, UEFA sudah meluncurkan logo resmi perhelatan akbar di Benua Biru itu.

Untuk mengingatkan saja, kalau Piala Eropa yang saat ini digenggam timnas Spanyol sebagai juara bertahan akan dihelat di Polandia & Ukraina.

Polandia dan Ukraina adalah tuan rumah bersama yang ketiga, setelah Belanda-Belgia di tahun 2000 dan Swiss-Austria setahun lalu.

Desain logo Polandia Ukraina 2012 adalah adanya gambar dua bunga tulip, satu berwarna merah dan satu putih, melambangkan bendera kedua negara.

Untuk slogan, diambil ‘Creating History Together‘ atau membuat sejarah bersama karena memang ini adalah pertama kalinya dalam 13 kali penyelenggaraan, UEFA memberi kesempatan Eropa Timur untuk menghelat ajang perebutan trofi Henry Delaunay itu.

“Di logo itu tergambar dua bunga yang sedang mekar. Aku harap Polandia dan Ukraina akan tumbuh seperti mereka,” ucap Presiden UEFA Michel Platini dalam jumpa pers seperti dilansir AFP.

Ya, Platini memang mengharapkan agar kedua negara itu benar-benar siap untuk menyambut 14 negara lainnya. Alasan Platini berkata demikian karena Ukraina tengah dalam sorotan akibat ketidaksiapan mereka soal infrastruktur.

Cuma kota Kiev yang saja yang siap membuat UEFA hampir mencabut hak negaranya Andriy Shevchenko itu untuk menjadi tuan rumah. Walaupun hal itu akhirnya urung dilakukan dan UEFA masih memberi kesempatan untuk Ukraina berbenah diri.

Foto: Michel Platini (tengah) bersama Presiden Asosiasi Sepakbola Polandia Grzegorz Lato (kiri) dan Presiden Asosiasi Sepakbola Ukraina Grigoriy Surkis (kanan).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: