Posted by: printin9 | December 17, 2009

Komposisi Tim-Tim Kontestan Perdelapanfinal Liga Champions

Fase grup Liga Champions telah usai sejak awal Desember lalu dan sekarang saatnya mengundi 16 tim tersisa untuk babak knock-out. Bersiaplah untuk duel sesama tim raksasa.

Ada 32 tim yang masuk ke fase grup lalu dan mereka dibagi dalam delapan grup. Hanya dua tim teratas masing-masing grup yang berhak atas tiket perdelapanfinal. Tim ketiga masuk ke Europa League dan tim terbawah tak dapat apa-apa.

Beberapa tim unggulan memenuhi ekspektasi awal dengan lolos sebagai dua wakil grupnya, seperti misalnya Manchester United, Barcelona dan Inter Milan serta Real Madrid dan AC Milan.

Namun di grup-grup lain, ada juga beberapa tim favorit yang gagal. Contoh dari itu adalah Liverpool, Juventus dan juara Jerman, VfL Wolsfburg. Ketiganya cuma bisa duduk di peringkat tiga grup masing-masing.

Jumat (18/12/2009) ini, 16 tim yang telah lolos akan mengetahui siapa lawan mereka di perdelapanfinal melalui undian yang bakal dihelat di markas UEFA di Nyon.

Cuma ada dua aturan dasar yang bakal diterapkan di undian nanti. Yang pertama adalah tim yang berada di grup yang sama tidak akan bertemu lagi. Yang kedua, dua tim dari negara yang sama juga tidak bisa berhadapan.

Melihat banyaknya tim raksasa yang masih bercokol di sini, tentunya tidak salah bila publik menanti akankah terjadi ‘Perang Bharatayuda’ antara tim-tim yang sama-sama berstatus titan itu.

Segala skenario bisa terjadi. Tentu akan menarik bila misalnya MU (juara Grup B) berhadapan dengan Milan (runner-up Grup C) atau Inter (runner-up Grup F). Tak kalah menarik juga andai terjadi duel Arsenal kontra Bayern Munich.

Setelah pengundian dilakukan, perempatfinal akan digelar dalam dua leg. Leg pertama adalah pada tanggal 16/17 Februari dan 23-24 Februari 2010. Sedangkan leg kedua pada 9/10 Maret dan 16/17 Maret.

Adanya dua tanggal untuk satu leg dimaksudkan sebagai antisipasi jadwal karena ada dua tim asal Milan yang memakai satu stadion (San Siro/Giuseppe Meazza) sebagai kandangnya.

Berikut adalah komposisi tim-tim kontestan perdelapanfinal Liga Champions:

Unggulan (juara grup):
1. Bordeaux (Grup A)
2. Manchester United (Grup B)
3. Real Madrid (Grup C)
4. Chelsea (Group D)
5. Fiorentina (Grup E)
6. Barcelona (Grup F)
7. Sevilla (Grup G)
8. Arsenal (Grup H)

Non-unggulan (runner-up grup)
1. Bayern Munich (Grup A)
2. CSKA Moskow (Grup B)
3. AC Milan (Grup C)
4. Porto (Grup D)
5. Lyon (Grup E)
6. Inter Milan (Grup F)
7. Stuttgart (Grup G)
8. Olympiakos (Grup H)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: