Posted by: printin9 | December 21, 2009

Akhirnya Pembuktian Messi Pada Dunia

Seperti sudah diperkirakan banyak pihak, penyerang Argentina dan Barcelona Lionel Messi dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia 2009 dalam malam penghormatan FIFA di Kongresshaus, Zurich, Swiss, Senin (21/12).

Messi menjadi pemain Argentina pertama yang memenangi penghargaan ini dengan mengungguli dua rekan seklub, Xavi Hernandez dan Andres Iniesta, serta dua punggawa Real Madrid, Cristiano Ronaldo — pemain terbaik tahun lalu — dan Ricardo Kaka.

Namun Ronaldo mendapat hadiah hiburan dengan memenangi Puskas Award edisi pertama untuk kategori gol terbaik yang dicetaknya saat mencetak gol spektakuler ke gawang FC Porto guna kemenangan 1-0 Manchester United di Liga Champions musim lalu.

Sebelumnya, Messi sudah dinobatkan sebagai pemain terbaik Eropa dengan merengkuh trofi Ballon d’Or versi majalah France Football. Dia menjadi pemain ke-11 yang berhasil menyandingkan gelar pemain terbaik Dunia dan Eropa dalam satu kesempatan.

Kemenangan Messi ditentukan oleh keberhasilannya bersama Barcelona dalam merebut enam trofi juara sepanjang tahun 2009, termasuk yang terbaru adalah Piala Dunia Antarklub 2009.

Adapun penghargaan untuk kategori pemain wanita terbaik kembali direngkuh oleh bintang asal Brasil, Marta, untuk keempat kalinya secara beruntun.

Mantan pelatih Inggris, Sir Bobby Robson, yang tutup usia dalam usia 76 tahun pada 31 Juli silam dihormati dengan penghargaan FIFA Fair Play Award atas jasa-jasanya terhadap sepakbola.

Sementara itu, China menerima penghargaan pengembangan terbaik dalam program pengembangan sepakbola usia muda. Sedangkan Ratu Jordania, Rania al Abdullah, menerima penghargaan Presidential Award atas jasanya dalam edukasi anak-anak dengan yayasan 1GOAL yang juga melibatkan sepakbola.

Daftar Peraih Penghargaan FIFA 2009

FIFA Player of the year: Lionel Messi (Argentina)
FIFA Woman Player of the year: Marta (Brasil)
FIFA Fair Play Award: Sir Bobby Robson (Inggris)
FIFA Presidential Award: Ratu Rania al Abdullah (Jordania)
FIFA Development Award: China.
FIFA/FIFPro World XI: Casillas, Dani Alves, Vidic, Terry, Evra, Gerrard, Xavi, Iniesta, Ronaldo, Torres, Messi.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: