Posted by: printin9 | January 18, 2010

FIFA Resmi Putuskan Henry Bbebas Bari Hukuman

Kasus handball Thierry Henry di kualifikasi Piala Dunia 2010 melawan Republik Irlandia telah selesai. Dalam sidang hearing, FIFA resmi putuskan Henry bebas dari hukuman.

Ini tentunya merupakan sebuah kabar gembira untuk Prancis. Setelah lolos ke Afrika Selatan, tim ‘Ayam Jantan’ juga dipastikan tidak akan kehilangan Henry di turnamen tersebut.

Seperti diketahui, striker Prancis itu melakukan handball yang dianggap disengaja pada pertandingan playoff kualifikasi Piala Dunia melawan Irlandia. Bola tepat mengenai tangan Henry sebelum mengirim assist kepada William Gallas, yang akhirnya mencetak gol penentuan sekaligus menyingkirkan Robie Keane dkk.

Merasa dirugikan, Republik Iralndia sempat meminta kompensasi kepada FIFA untuk diloloskan ke Piala Dunia namun ditolak. Menindaklanjuti hal ini, FIFA setuju untuk menggunakan bukti video di masa depan dan memerintahkan komisi displin untuk menyelidiki aksi Henry tersebut.

Dalam sidang, Henry membela diri dengan menggunakan kode displin FIFA yang menyebutkan bahwa tindakan tersebut dinyatakan ilegal jika menggunakan tangan untuk mencegah sebuah gol yang dicetak. Tindakan inilah yang memungkinkan untuk dikenai sanksi.

Pembelaan itu sukses. FIFA akhirnya memutuskan bahwa sang striker tidak bersalah setelah dicapai kesimpulan bahwa tidak ada dasar hukum yang kuat bagi mereka untuk menangani kasus ini.

“Komite disiplin telah membuat kesimpulan bahwa tidak ada dasar hukum bagi komite untuk mempertimbangkan kasus ini karena menggunakan tangan tidak dapat dianggap sebagai sebuah pelanggaran serius sebagaimana diatur dalam pasal 77a dari kode disiplin FIFA,” demikian statemen resmi FIFA seperti dilansir Reuters.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: