Posted by: printin9 | February 4, 2010

Berikut ini "Top 10 Transfer Musim Dingin"

Bursa transfer musim dingin resmi ditutup pada 1 Februari lalu. Tidak ada kejutan dalam bursa transfer kali ini. Kebanyakan klub lebih memilih opsi peminjaman ketimbang membeli pemain secara permanen. Ada sejumlah alasan yang bisa dikemukakan.

Klub tampaknya sedang melakukan pengetatan dana transfer karena kondisi finansial yang tengah menerpa. Namun, mereka masih berharap bisa memaksimalkan hasil dengan mendatangkan pemain murah dan pinjaman hingga akhir kompetisi.

Klub memang perlu “menambal” di beberapa sektor pemain yang dirasa lemah, dari kiper hingga penyerang. Dengan meminjam pemain, mereka tak perlu mengeluarkan dana besar, tapi masih bisa berharap bahwa pemain baru akan memberikan dampak yang bagus buat klub.

Sementara itu, bursa transfer musim dingin tahun ini telah dimanfaatkan oleh sejumlah pemain untuk “unjuk kemampuan” bahwa mereka layak dibawa ke Afrika Selatan untuk mengikuti kompetisi terakbar Piala Dunia 2010 bersama tim nasional masing-masing. Tak mendapat peluang bermain reguler di klub sendiri tak menyurutkan minat mereka untuk tetap memberikan perhatian kepada pelatih timnas saat membela klub baru.

Berikut ini “Top 10 Transfer Musim Dingin”:

1. Goran Pandev

Dari: Lazio
Ke: Inter
Harga: Gratis

Pemain asal Makedonia itu layak disebut sebagai transfer terbaik musim dingin tahun ini. Inter Milan tidak perlu membayar sepeser pun untuk mendatangkan mantan pemain Lazio itu. Sang striker berhasil membuktikan bahwa ia merupakan pemain penting buat Nerazzurri. Penampilan gemilangnya saat melakoni partai derby melawan Milan adalah bukti betapa ia adalah striker hebat masa kini.

2. Ruud van Nistelrooy

Dari: Real Madrid
Ke: Hamburg SV
Harga: Gratis

Musim ini van Nistelrooy belum bisa tampil maksimal. Usai pulih dari cedera panjang, striker asal Belanda itu belum mendapat banyak kesempatan untuk tampil sebagai starter. Karena penampilannya yang sedikit, jumlah golnya pun masih bisa dihitung dengan jari. Namun, ia diprediksi akan menjadi sumber lumbung gol buat klub barunya Hamburg SV.

3. Robinho

Dari: Manchester City
Ke: Santos
Harga: Gratis

Pembelian fantatis Manchester City dari Real Madrid tahun lalu tak menjamin Robinho tampil bagus di Liga Primer Inggris. Padahal, ia pernah berambisi ingin menjadi pemain terbaik di dunia. Karena kurang mendapat kepercayaan di tim inti The Citizens, Robinho akhirnya pulang kampung ke negaranya Brasil. Santos bertekad ingin memanfaatkan Robinho semaksimal mungkin selama masa peminjamannya berakhir di pengujung musim ini.

4. Robbie Keane

Dari: Tottenham Hotspur
Ke: Celtic (Pinjaman)
Harga: Gratis

Jelang bursa transfer ditutup, Celtic secepat kilat mencari pemain pinjaman untuk dapat mengatasi penampilan mereka yang begitu buruk musim ini. Kehadiran Keane diharapkan bisa memberikan secercah harapan untuk masih bisa menatap kompetisi dengan lebih baik.

5. Landon Donovan

Dari: LA Galaxy
Ke: Everton (Pinjaman)
Harga: Tertutup

Kemampuan Donovan jarang diragukan. Tapi, masa peminjaman dirinya di Bayern Munich tahun lalu justru mengecawakan. Meski demikian, Everton akan menunjukkan bahwa Donovan adalah pemain yang bisa mengubah situasi tim dalam kondisi sulit. The Toffes harus bisa memanfatakan Donovan semaksimal mungkin hingga Maret nanti.

6. Adam Johnson

Dari: Middlesbrough
Ke: Manchester City
Harga: Sekitar £7 Juta

Johnson adalah pemain timnas Inggris U-21 yang memiliki talenta dan potensi yang menjanjikan. Ia diprediksi bakal bersinar di Eatsland selama dirinya mendapat banyak kesempatan untuk tampil.

7. Chris Smalling

Dari: Fulham
Ke: Manchester United
Harga: £10 Juta

Ini merupakan transfer terbesar musim dingin tahun ini, dalam hal besarnya biaya yang dikeluarkan. Manchester United berhasil mendapatkan Smalling dari Fulham, tapi sang pemain sendiri baru akan bergabung ke klub barunya itu pada musim panas nanti. Meski demikian, negosiasi transfer telah final pada Januari lalu. Kehadiran Smalling bisa menjadi pengganti Rio Ferdinand bila absen dalam waktu yang panjang untuk berduet dengan Nemanja Vidic.

8. Maxi Rodriguez

Dari: Atletico Madrid
Ke: Liverpool
Harga: Gratis

Rodriguez berharap bisa mendapat pengalaman lebih selama membela The Reds. Tapi, tampaknya pemain asal Argentina itu harus bisa menarik perhatian manajer Rafael Benitez bila ingin sering diturunkan sebagai pemain starter.

9. McDonald Mariga

Dari: Parma
Ke: Inter Milan
Harga: Pertukaran secara permanen

Manchester City sebelumnya sempat memiliki peluang terbesar untuk mendapatkan Mariga dari Parma. Padahal, kubu Inter sudah jauh-jauh hari melakukan proses negosiasi. Aksi pembajakan City gagal karena pemain asal Kenya itu akhirnya resmi bergabung ke Inter setelah mendapat ijin kerja.

10. Patrick Vieira

Dari: Inter Milan
Ke: Manchester City (Pinjaman)
Harga: Gratis

Legenda Arsenal ini akhirnya kembali bermain di Liga Primer, bukan ke klub lamanya, tapi ke Manchester City. Meski usianya sudah tidak muda lagi dan penampilannya tidak sebagus dulu, tapi Vieira bisa memberikan jaminan buat City. Ya, ambisi besarnya untuk tampil di Piala Dunia 2010 bersama Prancis pastinya akan membangkitkan semangat manajer Roberto Mancini.

Bagaimana menurut anda, silahkan bercomentar di kotak comentar


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: