Posted by: printin9 | April 1, 2010

SH Panti , SH Tunas Muda Tolong Diklarifikasi | PSHT jaya selalu

Reposting dari PUTRO LEMBAH

Sekedar pmbritahuan untk sedulur PSHT yg mempertanyakan dan mempermasalahkan SH PANTI dgn SH Tunas Muda…
SH Panti dan SH Tunas Muda sejatinya adalah 1, SH Panti atau yang dulu menjadi rumah Ki Ngabehi Suro Diwiryo memang masih eksis hingga sekarang dan SH Panti tidak mmliki organisasi yang besar seperti PSHT dn PSHTM Winongo. nah untuk pengorganisasian dan penerimaan dasar murid baru, kepengurusan diserahkan kepada SH Tunas Muda. Tidak sembarang orang dapat masuk SH PANTI…Mengapa berdiri tahun 15 october 1965 dan dinamakan SH TUNAS MUDA ?? karena sejak tahun 1964 SH asli Eyang Suro mengalami kemunduran dan tidak aktif, sekalian itu banyak saudara SH asli yang sudah sepuh dan penerimaan anggota baru berkurang. Dan ditakutkan SH asli akan mengalami kemunduran. Oleh karena itu Berdirilah SETIA HATI TUNAS MUDA, tunas muda SH penerus terorgnisasi dalam penerimaan anggota.

SESEPUH SH PANTI BPK KOESNI dan PENGASUH SETIA HATI TUNAS MUDA BPK RDH SOEWARNO yang sudah ngenger ke eyang Suro dari tahun 1939 dikecer oleh murid eyang bernama HADI SUBROTO. Dan berdirinya SETIA HATI TUNAS MUDA mendapat PENGAKUAN dari SH PANTI sebagai wadah penerimaan penerus SETIA HATI yang ASLI. Dan bagi warga PSHT yang ingin memperjelas uraian ini atau kurang percaya dan telah mengumpat habis-habisan PSHTM sebagai SH tiruan, murtad, dan bukan SH… Silahkan ke markas SH Panti di daerah Winongo selatan rel kereta api.

SETIA HATI dan PSHT adl BEDA.. Mengapa berdiri PSHT ??? Hardjo utomo murid Eyang Suro murtad dari SH Eyang Suro. Menurut pandangan Hardjo utomo, SH itu Menggalang persatuan bangsa, wadah dan alat perjuangan mencapai merdeka. ” Menurut pandangan Eyang Suro ” SH bukan wadah perjuangan bangsa tetapi perkumpulan pencak silat. Jadi pertentangan terjadi,

Eyang Suro = Ilmu SH tidak membedakan SARA
Harjo utomo = Dengan diterima bangsa lain dapat menjadi musuh dalam selimut.

karena hal tersebut, Hardjo utomo milih keluar atau murtadlah dari SH asli dan ijin mendirikan SETIA HATI MUDA, tetapi tidak diberi jawaban dari Eyang Suro. Hardjo utomo nekad mendirikan SH muda yang menjadi cikal bakal PSHT 1942 hingga dicap sebagai SH MERAH ATAU SH KOMUNIS OLEH KI NGABEHI SURO DIWIRYO. SHM berganti menjadi PSC dan jadi PSHT thn 1942 pusat di desa pilangbangau (25km dr rmh saya). itupun SH asli masih ada di daerah Winongo, terbukti karen Eyang Suro meninggal tahun 1944.

Jadi kesimpulannya PSHT dan SH berbeda. PSHT bukanlah SH yang sempurna karena pendiriannya dahulu dicap oleh Eyang sebagai SH MERAH atau SH KOMUNIS.
Dan ilmu SHTunas Muda adl SH asli krnSH Tunas Muda adl SH penerus SHeyang Suro yang hmpr pnah… Jadi buat Sedulur SH Terate yang ngalor ngidul nggak tau opo-opo , jangan nagwur mentafsirkan yang macam-macam. NGACALAH pada kenyataan SEJARAHMU sendiri. sudah Jelas bukan??? untuk saudaraku SH TUNAS MUDA, jangan goyah dan tepengruh. JAYA SELALU SH WINONGO. STK 1903 Tinoto lan tatag sadhurunging lelaku bakal tutug anggone nglampahi.

CATATAN :

Tolong Yang Sudah Sepuh-Sepuh Meluruskan Tentang Hal ini, Pandang Secara objektif jangan subjektif saja. Tolong komentari. Aku sebenarnya tidak percaya dengan hal ini. karena saya masih warga baru jadi ya beginilah adanya.


Responses

  1. Semoga bisa bersatu

  2. ngomong asal jeplak!!!! lek gak ngerti ojo kuminter

  3. TENAN PORA WI NENG OMONG?

  4. OOOOOOOOO GITU TO…

  5. SH panti = Silat e wong tuwek tuwek didirikan langsung eyang suro, kalo Tunas Muda = SH Winongo,,,SH panti dan SH Winongo berbeda, SH Panti tidak memihak siapa siapa. Bahkan SH Panti senang liat SH Terate berkembang sekarang. Semoga membantu, kalo ada keliru mohon dikoreksi

    • SH Panti : orangnya bukan “tuwek”, tapi memang yang dikecer hanya orang dewasa (sudah bisa membedakan baik dan buruk) dan sampai sekarang masih ada (eksis)
      PSHT : pendiri Setia Hati (Ng. Suro) memberikan gelar “SH Abang” untuknya.
      PSHTM : pendirinya (P. Warno) setahu saya baru Erste Trap di Panti, dan sudah berulang kali diingatkan para sepuh Panti (spt: Pak Ngalimun dll).

      *:
      SH Eyang Suro “Memayu Hayuning Bawana”, entah Panti, PSHT, PSHTM, PSH, dan turunannya yang lain.

  6. SH MERAH berlambang ENCENG GONDOK persis lagu genjer2 komunis

  7. …….

  8. manusia tidak ada yang sempurna. dimana orang yang suka menjelekkan suatu kaum. padahal dia lebih bobrok dari yang mereka jelek2 an. sedangkan pak warno sendiri masih ster junior. yang blum memahami dengan benar apa itu SHT. seharusnya kita berkaca pada diri sendiri. apakah kita sudah berbuat baik pada negara ini, bangsa ini. apalagi pada sessama manusia,sesama berasal dari adam dan hawa, dan umatnya Nabi Muhammad S.A.W. camkan itu!!!! tidak usah mengadu domba

  9. SH Panti itu masih aktif dan ada hingga sekarang, tidak pernah mengalami kemunduran. Menerima keceran sendiri dan mengadakan suran sendiri, tidak pernah ditangguhkan kepada SH Tunas Muda. Pendirian SH Tunas Muda tidak pernah mendapat ijin dari SH Panti.
    Bahkan sesudah mendirikan Tunas Muda, Pak Warno dipanggil ke SH Panti juga tidak pernah muncul. Pak Warno lalu muncul di suran SH Panti tahun 1977 dan saat turun untuk sambung yang disambut saudara dari SH Panti, Pak Warno langsung menutupnya.
    Pak Warno tidak pernah ngenger kepada Eyang Suro. Jadi SH Tunas Muda itu bukan SH asli.

    SH Terate adalah alat perjuangan bangsa saat itu dan tidak pernah dicap sebagai SH Merah atau SH Komunis oleh Eyang Suro. Itu cerita yang dilebih-lebihkan, jadinya cerita ngawur.

    • Pak Warno pernah kembali sekali ke Panti pada th 1977,
      kalo Pak Hardjo Utomo setelah keluar dari Panti perbah kembali lagi gak?

  10. kembang tepus kaki ky0 kmbang suwek… ora ndwe dulur kyo cah2 winongo ora getun…. ora dadi putune eyang suro yo ra p0p0… tpi psht dah jlas pndirinya.. win0ngo ny0pr0ss… cah2 win0ngo.. tak kandani tgal 4 maret 2012 dulurmu m0dar~~ bar fighting sabung atlit nek semarang… salan psht purwantoro

    • matamu le

      • Postingan Ra Mutu , salah Kaprah, NAK pSht di Cap Komunis tp Nyapo kog malah Warga Soko pihak Winongoo sing Beralifiansi PKI, nak Ndue Utekk Yow Iisoo Mikir, ..

  11. artikel diatas itu yg bikin dr pihak pshtmw.jd ya pribadi sy gak percaya dgn artikel diatas,,fakta22 byk yg beda.

  12. ui seng nules ch winongo,mkane ngelek” TERATE..
    iling pshWaria,sirik tanda tak mampu,ancen ue ga mampu musoh wong TERATE

  13. Kenyataanya sh panti tidak membenarkan hal tersebut. Malah kebalikanya

  14. Sedulur kabeh, mbok ojo podo padudon yo oleh olehane opo paukuman kuwi ono 2 siji neng alam ndoyo kapindo neng akherat coba,den glenggono neng batinmu yo sedulur. yen sedulur kabeh ngugemi Agama coba di timbang abot endi paukuman neng alam ndoyo opo neng akherat.

  15. Alangkah bijaknya jk saudara saudara dr SH TERATE & SH WINONGO mengklarifikasi hal ini lngsung ke SH PANTI. Agar tdk trjd pnjelasan yg brsft provokatif. Sy dr SH WINONGO,slm prsaudaraan buat SH TERATE.

  16. Saya akui,sedulur SH TERATE memang tdk bs legowo,menghalalkan sgala cara untuk mndptkn masa. Contoh:diponorogo sh terate memaksa perguruan lain untuk masuk jd warganya. Dijombang,sh terate sering menteror dan mengancam perguruan IKS. Bhkn dimadiun sndiri sh terate mengajak oknum atau sekelompok masa untuk masuk jd warga prifatnya. Sy mndpt informasi dr brbagai sumber. Sudahlh saudaraku,mari kt mngejar kpentingan akhirat,bkn duniawi. Sy sudah muak dengan doktrin doktrin negatif yg km tanamkan pd siswa baru. Mari kt akhiri propaganda ini dan hdp brdampingan dgn smua perguruan lain,mreka adalah saudara kt. Salam

    • gundulmu amoh le lagek di kandani ae percoyo rong ngerti berita iku bener opo salah

  17. Sebenarnya, SH Panti masih ada, kalau anda mau mengetahui sejarah yang asli silakan ke Panti. Para sesepuh disana pasti siap memberitahu anda. Dan tidak setiap orang yang masuk bisa kecer, semua tergantung pada niat awal. Makanya memang benar tidak sembarang orang bisa masuk..
    Salam

  18. Sh asli atau surodiwiryan adalah sh asli sh tunas muda itu didirikan oleh pak warno th 1966 ,sh terate didirikan th 1922oleh mas harjo utomo.

  19. assalamu’alaikum wr.wb
    salam persaudaraan saudaraq winongo.
    Mohon maaf jk mungkin pernyataan saya ini menyangkal opini anda.
    Saya telah membca bbrapa blog dr saudara sh panti yg intinya bhwa sh panti dan shtm winongo brbda. Pernyataan anda yg menybutkan bhwa sh asli mbh suro pd th 1965 menglami kemunduran slah bsar. Krna ssuai ilmu sh dlm 1suro pling bnyak hanya 2warga. Trus yg anda sbut bpk.koesni td tdak ada di daftar warga sh panti.
    Kemudian ktika anda menyebut th 1922 ki hjar harjo utomo dianggap murtad oleh eyang suro trus psht dicap sh merah yg mksudnya komunis. Mhon maaf, pernyataan ini sangat tdak logis. Krna paham ini blum ada di th ini. Bhkan komunisme pling trkenal dan populer th 1965 dimadiun. Th ini th dmana pshtm win lahir.
    Salam persaudaraan, smga koment saya bsa anda jdkan tliti lg.
    Smga ilmu setia hati ttap jaya
    perbdaan adalah bukti dr perkmbangan jngan menjadi perpchan.

  20. suwarno kafir,….

  21. Eyang harjo oetomo adalah seorang pejuang perintis kemerdekaan,, tlong belajar lagi pada sejarah..jadi PSHT bukan SH Merah..

  22. Mohon maaf saya kurang sependapat dengan postingan saudara, karena saudara hanya mencopy paste dari blog lain. Dan yang anda copy paste tersebut menurut saya pun kurang logis, bahwasanya SH Panti dengan SH Tunas Muda itu tidak sama/ berbeda. Terimakasih
    (salam persaudaraan)

  23. sya percya klo sh panti itu sh asli yg pd th 1903.
    tp knpa shw kok jga thn 1903.
    knpa stiap logo shw 1903.apa brdrnya shw barengan dg sh pnti.

  24. m’f saudara2 sekalian,,, kalau ada yg tidak terima dgn k aslian shtm,, monggo turun d arena,,, jgn ngmge tok,,,,

    • Hancok AKU TJAH TERATE,WINONGO KONTOL APEK
      PSHT JAYA

  25. aSHu – aSHu podo geger karepe dewe

    jancox

    • kontolmu ucol le ndang di uber

  26. PSHT hancur kan tugu STK(sempak tutup kontol),
    PSHT jaya

  27. gjnp.jdmjg

  28. Yg jelas smua salah kaprah, n yg jelas shw kui penghianat, ms0k sah2’an disek bru latian, jan pnghianat besar. PSHT JAYA

    • Nek SHTMW penghianat SH Panti,, nyapo kok oleh Nyekar ne makame eyang seusai habis di kecer,,? Nyapo kok oleh gae lambange SH panti ?

  29. yg benar adalah yg sesuai dg tuntunan & ajaran Islam..coba dilihat guru masing2, apakah akidahnya sdh benar (muslim)?? apakah dia perilakunya sdh baik (akhlakul karimah)?? apaka dia rajin beribadah & berserah diri pd Alloh Swt??? apakah yg diajaran sdh sesuai dg syariat Islam??

  30. sebagian besar apa yg di ceritakan di atas itu benar,jika ingin lbh jelas y silahkan lgsg ja datang ke SH panti,jika emang orang SH.

    • suradiwiryan.blogspot.com/p/sh-panti.html?m=1

    • Ok insaalah saya akan datang silaturohmi ke SH panti.

  31. suradiwiryan.blogspot.com/p/sh-panti.html?m=1

  32. ngawor cah iki… sampean trlalu fanatik dan hanya warga stk baru… dimana2 tau sh komunis mlik winongo.. kalau enggak sjak thn 65 sampai 90 an mati suri gtu…

  33. Kalo bikin sejarah yg bener mas,jangan ngawu,pelajari dulu sejarah salm persaudaraan 1922

  34. Saya hanya mengutip….
    Tolong Yang Sudah Sepuh-Sepuh Meluruskan Tentang Hal ini, Pandang Secara objektif jangan subjektif saja. Tolong komentari. Aku sebenarnya tidak percaya dengan hal ini. karena saya masih warga baru…
    Kalu masih baru dan belum tau kenapa berbicara?? Bukankah ini namanya fitnah????….berbicara saja anda belum setia hati…

  35. Intinya yg baik dipakai yg tidak baik jg dipakai
    Dan jg percaya postingan2 sejarah yg ngawur yg suka menyudutkan salah satu pihak karena itu tidak baik jadi jangan dipakai.
    Saya juga percaya semua organisasi dan perguruan di Indonesia mengajarkan yg baik2.
    Rumusnya:
    Baik x Baik = Baik
    Baik x tidak Baik = Tidak Baik
    Perguruan Baik x anggota Baik = Baik
    Perguruan Baik x anggota Tidak Baik = Tidak Baik.
    Jadi para pemimpin organisasi harus baik dan mengontrol anggotanya tetep baik supaya hasilnya “Baik”
    Salam PSHT Jatigembol

  36. Maaf salah masuk gan..kirain kumpulan orang2 beradab..Salamlikum..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: