Posted by: printin9 | April 1, 2010

SH Panti , SH Tunas Muda Tolong Diklarifikasi | PSHT jaya selalu

Reposting dari PUTRO LEMBAH

Sekedar pmbritahuan untk sedulur PSHT yg mempertanyakan dan mempermasalahkan SH PANTI dgn SH Tunas Muda…
SH Panti dan SH Tunas Muda sejatinya adalah 1, SH Panti atau yang dulu menjadi rumah Ki Ngabehi Suro Diwiryo memang masih eksis hingga sekarang dan SH Panti tidak mmliki organisasi yang besar seperti PSHT dn PSHTM Winongo. nah untuk pengorganisasian dan penerimaan dasar murid baru, kepengurusan diserahkan kepada SH Tunas Muda. Tidak sembarang orang dapat masuk SH PANTI…Mengapa berdiri tahun 15 october 1965 dan dinamakan SH TUNAS MUDA ?? karena sejak tahun 1964 SH asli Eyang Suro mengalami kemunduran dan tidak aktif, sekalian itu banyak saudara SH asli yang sudah sepuh dan penerimaan anggota baru berkurang. Dan ditakutkan SH asli akan mengalami kemunduran. Oleh karena itu Berdirilah SETIA HATI TUNAS MUDA, tunas muda SH penerus terorgnisasi dalam penerimaan anggota.

SESEPUH SH PANTI BPK KOESNI dan PENGASUH SETIA HATI TUNAS MUDA BPK RDH SOEWARNO yang sudah ngenger ke eyang Suro dari tahun 1939 dikecer oleh murid eyang bernama HADI SUBROTO. Dan berdirinya SETIA HATI TUNAS MUDA mendapat PENGAKUAN dari SH PANTI sebagai wadah penerimaan penerus SETIA HATI yang ASLI. Dan bagi warga PSHT yang ingin memperjelas uraian ini atau kurang percaya dan telah mengumpat habis-habisan PSHTM sebagai SH tiruan, murtad, dan bukan SH… Silahkan ke markas SH Panti di daerah Winongo selatan rel kereta api.

SETIA HATI dan PSHT adl BEDA.. Mengapa berdiri PSHT ??? Hardjo utomo murid Eyang Suro murtad dari SH Eyang Suro. Menurut pandangan Hardjo utomo, SH itu Menggalang persatuan bangsa, wadah dan alat perjuangan mencapai merdeka. ” Menurut pandangan Eyang Suro ” SH bukan wadah perjuangan bangsa tetapi perkumpulan pencak silat. Jadi pertentangan terjadi,

Eyang Suro = Ilmu SH tidak membedakan SARA
Harjo utomo = Dengan diterima bangsa lain dapat menjadi musuh dalam selimut.

karena hal tersebut, Hardjo utomo milih keluar atau murtadlah dari SH asli dan ijin mendirikan SETIA HATI MUDA, tetapi tidak diberi jawaban dari Eyang Suro. Hardjo utomo nekad mendirikan SH muda yang menjadi cikal bakal PSHT 1942 hingga dicap sebagai SH MERAH ATAU SH KOMUNIS OLEH KI NGABEHI SURO DIWIRYO. SHM berganti menjadi PSC dan jadi PSHT thn 1942 pusat di desa pilangbangau (25km dr rmh saya). itupun SH asli masih ada di daerah Winongo, terbukti karen Eyang Suro meninggal tahun 1944.

Jadi kesimpulannya PSHT dan SH berbeda. PSHT bukanlah SH yang sempurna karena pendiriannya dahulu dicap oleh Eyang sebagai SH MERAH atau SH KOMUNIS.
Dan ilmu SHTunas Muda adl SH asli krnSH Tunas Muda adl SH penerus SHeyang Suro yang hmpr pnah… Jadi buat Sedulur SH Terate yang ngalor ngidul nggak tau opo-opo , jangan nagwur mentafsirkan yang macam-macam. NGACALAH pada kenyataan SEJARAHMU sendiri. sudah Jelas bukan??? untuk saudaraku SH TUNAS MUDA, jangan goyah dan tepengruh. JAYA SELALU SH WINONGO. STK 1903 Tinoto lan tatag sadhurunging lelaku bakal tutug anggone nglampahi.

CATATAN :

Tolong Yang Sudah Sepuh-Sepuh Meluruskan Tentang Hal ini, Pandang Secara objektif jangan subjektif saja. Tolong komentari. Aku sebenarnya tidak percaya dengan hal ini. karena saya masih warga baru jadi ya beginilah adanya.


Responses

  1. ora usah podo padudon,,becik ketitik,olo ketoro.,
    tentunya semua mempunyai tujuan yg baik…
    Yen podo nggolek’i benere ,anane benere dewe2,bener kang hakiki iku kagungane gusti kang kuwoso…

  2. iku menurut sampen mas, sejatine SETIA HATI Terate, Setia Hati Winongo, Setia Hati Organisasi, Setia Hati Cempaka Putih, PS Nusantara, PS Perisai Putih, PS Wisika, PSH, lan liyo liyane iku PODHO sempidah malih PODHO, sami kemawon, mbok yo ojo podo ngumpat , ojo golek benere dewe, belum tentu versine sampean iku bener, mboh nek benere dewe kulo nggeh mboten ngertos.
    Semua SH-SH yang tsb. di atas adalah SAMA sepindah malih SAMA, samikemawon kok. Nek mboten percados, monggo dionceki siji-siji.
    OJO ngapik apik duweke dewe tok, padahal iku kabeh tunggale, tunggal kecer, tunggal sumber, EYANG SURO sumbere ilmu setia hati.
    Matur nuwun.

  3. SH Panti masih ada, monggo kalo ada yg mau berkunjung silaturahmi

    http://persaudaraansetiahatipanti.blogspot.com/2009/11/persaudaraan-setia-hati-panti-masih-ada.html

    monggo dibaca dengan hati tenang 🙂

    • ngpunten engeh kulo bade tangklet SH niko kan dados katah

      lan SH Panti Sebagai SH Penerus Eyang Suro niku mboten njelas ake teng derek” SHCP,SHT,SHO

  4. bagaimana bisa sh panti menyerahkan kepengurusan organisasi…..kepada PSHTMW……….!PERLU DIINGAT BAHWA BPK.SOEWARNO DI SH PANTI HANYA PADA TINGKATAN TRAP 1 DI SH PANTI DAN DIKECEROLEH BPK HADI SOEBROTO YG JUGA KADHANG PSHT……….SETELAH ITU MENINGGALKAN SH PANTI DAN BPK.HADI SOEBROTO….TANPA LAGI MELANJUTKAN UNTUK MENDALAM ILMU SH DI TRAP 2 DAN TRAP 3 SH PANTI…!KETIKA MENDIRIKAN PSHTMW TAUN 1965…PIHAK SESEPUH SH PANTI TAHU DAN MEMANGGIL BPK SOEWARNO SAMPE 3X..UNTUK DATANG KE SH PANTI…TAPI BPK..SOEWARNO MENGABAIKAN…DAN TIDAK PERNAH DATANG UNTUK MEMENUHI PANGGILAN TERSEBUT…..!BAGAIMANA BISA DIKARAKAN PENERUS SH EYANG SURO…..APABILA BPK SOEWARNO BELUM SELESAI MENDALAMI ILMU SH DI TRAP 2 DAN TRAP 3 SH PANTI…………!DAN SH PANTI TIDAK PERNAH MEMBERIKAN IZIN….KEPADA BPK.SOEWARNO…MENDIRIKAN PSHTMW…KARENA BPK SOEWARNO TIDAK DATANG MEMENUHI PANGGILAN SESEPUH SH PANTI……………!SIAPA YG MENGECER AA3 BPK SOEWARNO………..!APA YG DIAJARKAN BPK SOEWARNO KPDA AA2,AA3…KLO BPK SOEWARNO…TIDAK SELESAI MENDALAMI ILMU SH DI TRAP 2 DAN TRAP 3 SH PANTI…!KLO AA1…MUNGKIN SAMA…KARENA BPK SOEARNO HANYA TRAP 1 DI SH PANTI…………….

  5. koen kui anjink

  6. pengen dadi wRga psht….
    py crane

  7. Sejak kapan PSHT jd “1942”..waton mbacok wae cangkemu!!!

  8. mohon diralat jika salah… apa benar pertama yang keluar dari sh panti adalah PRSH 1932 lalu disusul SH PSC di tahun 1935 lalu PSHWtm 1965 jika benar kenapa SH PSC mengaku 1922 sedang pengesahan pertama murid SH PSC ditahun 1936… bahkan SH PSC masih ada hingga tahun 1980an di cilacap walau akhirnya melebur ke PRSH bukan ke (PSHT 1951) apakah ditubuh SH PSC jaman dulu ada dualisme (CMIIW). dan jaman dulu Blm pernh terdengar kalau mbah hardjoe oetomo nyebut2 lahir 1922 bahkan baru2 ini tugu PSHT ada logo 1922 knp 10th yg lalu tidak ada… terimakasih..


Leave a comment

Categories